Coba Cari

21 November 2007

Kisah - SERIGALA DARI GULBIO


Gulbio adalah sebuah kota kecil di Italia. Alamnya indah. Penduduknya cukup sejahtera. Mereka hidup tenang, dan bangga sebagai warga Gulbio.

Ketenangan itu tiba-tiba terusik. Pada suatu pagi mereka menemukan sisa tubuh binatang piaraan yang tercabik-cabik. Pagi berikutnya hal yang sama terjadi. Demikianlah setiap pagi berturut-turut diketemukan sisa tubuh binatang piaraan yang mati terbunuh.

Kata seorang warga: “Semalam aku melihat seekor serigala sedang berkeliaran!” Penduduk pun gempar. Mereka ketakutan.

Maka beberapa orang diutus untuk menemui Fransiskus dari Asisi, yang dikenal bisa berbicara dengan binatang. Mereka mendesak Fransiskus untuk memperingatkan sang srigala: pertama, supaya tidak melanggar perintah Allah; kedua, supaya meneladan Kristus yang mencintai manusia; dan ketiga, karena bagaimana pun serigala tetaplah serigala, memintanya supaya mencari mangsa di kota lain saja.

Fransiskus pergi menemui sang serigala di hutan. Mereka berbicara. Lalu dia kembali ke kota dan menyampaikan pesan: “Saudara-saudari, solusinya ternyata mudah! Kalian harus memberi makan Sang Serigala, saudaramu itu.”

Saudara mereka?? Enak saja! Betapa mereka menjadi tersinggung! Tapi tak urung, mereka pun memberi makan sang serigala. Sejak saat itu pembantaian ternak berakhir.

(Diceritakan ulang oleh Andreas Toto Subagyo, SJ)

Tidak ada komentar: