Coba Cari

23 November 2007

Orang Kudus - MIGUEL AUGUSTINE PRO SJ

Hari ini Serikat Jesus (SJ) memperingati Beato Miguel Pro (1891-1927) dari Mexico. Pater Pro dieksekusi oleh pasukan tembak. Usianya baru 36 tahun. Pada tahun 1911 dia masuk SJ. Karena situasi politik di negerinya, ia belajar filsafat dan teologi di Spanyol dan Belgia. Usai ditahbiskan ia kembali ke Mexico. Karena penganiayaan terhadap kaum religius, pelayanan imamat dilakukan dengan diam-diam. Atas tuduhan palsu, Pro ditangkap, dipenjara, dan dihukum mati tanpa proses pengadilan. Pro dikenal sebagai seorang pribadi yang selalu gembira, penuh dedikasi pada pelayanan imamat meskipun dalam situasi yang amat sulit. Pro menolak untuk ditutup matanya ketika hendak dieksekusi. Ia berlutut untuk berdoa, lalu berdiri dengan tangan terentang dan menghadap ke pasukan tembak, dan berseru: “¡Viva Cristo Rey !” –Hidup Kristus Raja!


Hati Jesus, aku mencintai-Mu;
kobarkan cintaku akan Dikau.

Hati Jesus, aku percaya kepada-Mu;
kuatkan keyakinan imanku.

Hati Jesus, kuberikan hatiku untuk-Mu;
jagalah aku agar tidak terpisah dari-Mu

Hati Jesus, aku seutuhnya milik-Mu;
Peliharalah janjiku sehingga aku mampu mewujudkannya, meski harus kukurbankan hidupku.


Amin.


(Beato Miguel Pro, SJ)

Posted by Picasa

Tidak ada komentar: